Tips Membersihkan Karpet Masjid Yang Kotor

Posted on

Tips Membersihkan Karpet Masjid Yang Kotor – Masjid sebagai rumah ibadah umat Muslim akan selalu di kunjungi setiap hari. Terlebih Indonesia merupakan salah satu negara dengan umat Muslim terbesar di dunia. Karena itu, kebersihan masjid merupakan salah satu hal krusial yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Untuk mencegah dampak negatif dan hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit.

Tips Membersihkan Karpet Masjid Yang Kotor

Salah satu ornamen yang perlu mendapat perhatian adalah karpet masjid. Karpet masjid yang di dapat dari berbagai toko jual karpet masjid jakarta  dapat menambah nilai artisitik dari sebuah masjid, surau atau langgar. Karpet masjid juga harus memberikan kenyamanan bagi para jemaah. Anda tidak perlu khawatir, berikut akan disajikan tips membersihkan karet masjid untuk Anda

  1. Hilangkan bulu-bulu pada karpet

Bulu atau rambut seringkali tertinggal dari para jemaah. Langkah pertama Anda perlu menghilangkan bulu-bulu atau rambu yang menempel pada karpet. Membersihkan karpet dari bulu-bulu dengan menggunakan sapu lidi secara teratur dan rutin. Membersihkan di lakukan setiap hari untuk menghindari bulu yang menumpuk sehingga semakin sulit untuk dibersihkan.

  1. Mengubah posisi karpet

Mengubah posisi karpet ditujukan untuk mengubah posisi karpet yang sering terinjak. Dengan demikian, semua posisi dan sudut karpet akan rata. Posisi karpet dapat di ubah paling tidak 3 bulan sekali atau bisa juga satu bulan sekali.

Cara ini sederhana namun seringkali kurang diperhatikan. Caranya yang mudah membuat Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa orang lain seperti laundry. Kualitas karpet akan tetap terjaga. Selain itu, jemaah akan tetap terjaga kesehatannya.

  1. Sediakan Keset dalam Masjid

Keset merupakan bentuk sederhana dari kebersihan yang perlu diperhatikan. Keset masjid dapat didapatkan juga di toko jual karpet masjid Jakarta. Keset diletakkan di bagian dalam masjid sepertisemua pintu masuk masjid, pintu keluar kamar mandi dan beberapa titik lain yang memerlukan keset atau titik yang memerlukan keset karena seringnya terinjak oleh kaki basah.

Pemberian keset dimaksudkan untuk menghindari karpet masjid dari air yang terbawa ketika selesai berwudu atau melakukan hal lain yang dapat bersentuhan dengan air. Jika kaki tidak benar-benar kering, maka karpet masjid tidak lama akan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Selain itu, berbagai jenis penyakit juga dapat terbawa ke dalamnya.

  1. Menjemur Karpet

Menjemur karpet merupakan bagian yang tidak kalah penting. Selain untuk menghindari aroma yang kurang sedap, menjemur karpet dapat mengembalikan aroma segar dan menghangatkan karpet masjid. Dengan demikian, jemaah yang melakukan ibadah salat atau yang lainnya senantiasa nyaman.

Menjemur karpet dilakukan ketika karpet sudah menimbulkan aroma yang tidak seperti biasanya. Karena menjemur karpet terlalu sering dapat membuat karpet masjid pudar. Namun, untuk mengatasi hal ini Anda dapat menaburkan garam di area karpet yang tengah pudar. Diamkan selama beberapa menit atau juga bisa 1 jam kemudian bersihkan dengan penyedot debu.

  1. Gunakan Lap Basah untuk Kotoran Membandel

Kadang melihat karpet masjid dengan kotoran yang membandel membuat hati resah dan tergerak untuk membersihkannya. Kotoran tersebut dapat disebabkan oleh kotoran cicak atau sisa jemaah lain yang tidak sengaja ditinggalkan.

Anda dapat membersihkan kotoran membandel dengan menggunakan lap basah dan menekan pada bagian kotoran. Kotoran lama kelamaan akan menempel pada lap basah. Ulangi beberapa kali sampai kotoran atau noda tersebut bisa benar-benar hilang. Membersihkan kotoran yang berasal dari kotoran hewan juga harus tetap mengikuti kaidah islam yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *