Tips Berwirausaha di Bidang Konveksi

Posted on

Pakaian, masih menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Namun, seiring perkembangan zaman, pakaian tidak hanya menjadi sebuah kebutuhan. Adanya globalisasi, membuat pakaian menjadi sebuah tren baru dan semakin dinamis dari waktu ke waktu. Ingin mencoba peruntungan Anda di bisnis ini? Yuk, simak tipsnya!

Pakaian dan Tren Fashion

Bagi beberapa orang pakaian sudah menjadi karakteristik pribadi. Gaya berpakaian seperti menjadi trademark bagi mereka. Hal inilah yang membuat tren fashion terus berkembang, bahkan saat ini semakin tidak mengenal batasan. Batasan ini entah batasan umur, wilayah, bahkan tren fashion bisa menciptakan gelombang hype yang baru setiap musimnya.

Tips Berwirausaha di Bidang Konveksi

Tren fashion ini jugalah yang membuat bisnis konveksi masih menjanjikan. Meskipun semakin banyak pemain yang terjun di bisnis ini, tetapi masih terdapat beberapa ceruk pasar yang bisa dijadikan peluang. Bisnis konveksi sekarang ini juga memiliki bauran pasar yang semakin bervariasi.Selain itu makin banyak segmen yang terbentuk, bahkan hingga ke bagian aksesoris.

Tips Apa yang Cocok Untuk Jenis Usaha Ini? Yuk, simak tips berikut!

  1. Bentuk Mindset Tentang Bisnis

Seorang pengusaha harus mengawali bisnisnya dengan niat yang kuat, terutama dari dirinya sendiri. Bentuk sebuah mindset bahwa usaha ini perlu treatment dan perjuangan yang lebih keras. Maksudnya adalah dengan melihat pasar yang ada, persaingan yang semakin ketat akan menuntut perhatian dan usaha kita yang lebih banyak daripada bidang usaha lain.

  1. Tentukan Lini Produk yang Akan Dibuat

Sebuah usaha atau bisnis pasti memiliki perencanaan. Perencanaan ini berguna untuk dijadikan pegangan, sekaligus sebagai tindakan preventif agar kita sudah siap ketika di masa depan terjadi kerugian. Salah satu yang harus direncanakan adalah lini produk. Tipsnya, tidak perlu terlalu banyak lini produk, tapi fokuslah pada satu lini tetapi diberi sentuhan kreativitas yang berbeda.

Saat ini, lini produk yang terfokus akan lebih mudah untuk dikembangkan. Misalnya, khusus atasan. Atasan dapat dimodifikasi menjadi beberapa jenis lagi, misalnya outerwear, jaket, hoodie, dan blus atau tunik. Penambahan aksen, atau menggunakan motif tribal (motif etnik) bisa menjadi pilihan untuk memudahkan memilih tipe modifikasi yang berbeda.

  1. Persiapkan Modal

Dalam memulai sebuah usaha, modal menjadi hal yang penting. Modal ini termasuk modal uang dan barang. Sebagai awalan, modal yang paling mudah untuk diusahakan adalah uang. Uang ini dapat menjadi sarana untuk memiliki modal lainnya. Selain itu, uang juga merupakan modal paling likuid atau aset paling lancar sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu ketika keadaan sangat mendesak.

Untuk modal barang sendiri terdapat sebuah benda yang bisa dibilang krusial, yaitu genset listrik. Bagi konveksi, genset menjadi alternatif ketika terjadi pemadaman. Genset yang digunakan bisa berukuran 5, 10, atau 30 kVA. Untuk itu, kita bisa mencari alternatif tempat di mana jual genset yanmar 10 kVA. Atau, jika berada di Surabaya, bisa mencari tempat jual genset di surabaya yang memiliki kredibilitas tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *